LAPORAN PELAKSAAN PKL HARI KE-10
Tempat PKL : IfixPro
Hari/Tanggal : Jum'at 14 November 2025
Kelas/Jurusan : XII TJKT 1
Pembimbing Lapangan : JULFANDI DAN DHENIS
Datang tepat waktu, berpakaian rapi, dan menjaga sikap sopan selama kegiatan PKL.
-
Mendapatkan keluhan dari customer bahwa iPhone XR tidak bisa di-touch setelah diperbaiki sehari sebelumnya.
-
Membantu pembimbing melakukan pengecekan ulang pada iPhone XR, termasuk memeriksa konektor layar, fleksibel touch, dan kondisi LCD.
-
Mengamati kondisi lanjutan di mana keesokan harinya iPhone XR tersebut mengalami blank hitam, sehingga perlu dilakukan pengecekan menyeluruh kembali.
-
Menerima keluhan dari customer lainnya bahwa iPhone 7 Plus tidak bisa di-charge, dan ketika bisa pun hanya bertahan sampai 3%.
-
Membantu pembimbing menangani masalah tersebut dengan melakukan penggantian baterai baru untuk iPhone 7 Plus di IfixPro.
Hasil atau Pengalaman yang Didapat
-
Menyadari pentingnya penampilan, kedisiplinan, dan komunikasi sopan kepada customer.
-
Belajar cara menganalisis kerusakan touchscreen iPhone XR, termasuk kemungkinan masalah pada LCD atau fleksibel.
-
Mengerti bahwa kasus blank screen bisa disebabkan karena LCD rusak total atau konektor longgar setelah perbaikan sebelumnya.
-
Memahami gejala baterai rusak pada iPhone 7 Plus, seperti tidak bisa mengisi daya dan stuck di angka kecil.
-
Mendapat pengalaman dalam proses pergantian baterai dan cara menenangkan customer yang khawatir.
Kendala yang Dihadapi
-
iPhone XR memiliki kemungkinan kerusakan lanjutan pada LCD sehingga perlu penanganan ekstra hati-hati.
-
Customer cukup khawatir dan menuntut penjelasan detail sehingga harus menjelaskan dengan tenang dan jelas.
-
Pada iPhone 7 Plus, proses pengisian hanya sampai 3% sehingga sulit dilakukan pengecekan lebih lanjut sebelum diganti baterai.


.png)
Komentar
Posting Komentar