LAPORAN PELAKSAAN PKL HARI KE-2
Tempat PKL : IfixPro
Hari/Tanggal : Selasa, 04 November 2025
Kelas/Jurusan : XII TJKT 1
Pembimbing Lapangan : JULFANDI DAN DHENIS
Datang tepat waktu, berpakaian rapi, dan bersikap sopan selama kegiatan PKL berlangsung.
-
Mempelajari dasar-dasar pekerjaan sebagai System Administrasi, dan manajemen data, seperti nota dan laporan harian pada perusahaan.
Mempelajari system pembayaran dengan EDC (Electronic Data Capture).
-
Mengamati stok barang yang sudah terjual agar menyesuaikan dengan yang ada pada laporan stock of name.
-
Mempelajari cara melayani customer dengan baik, Seperti customer di WhatsApp yang bertanya, dan customer yang secara langsung datang ke tempat, dimulai dari menyapa dengan sopan, mendengarkan keluhan pelanggan, hingga memberikan solusi dengan ramah.
Hasil atau Pengalaman yang Didapat
-
Menyadari pentingnya disiplin, penampilan, dan etika kerja di lingkungan profesional.
-
Memahami tugas utama seorang system administrasi adalah membantu membuatkan nota pembelian jika selesai di reparasi.
-
Mendapat pengalaman dalam berinteraksi langsung dengan pelanggan secara sopan dan komunikatif.
-
Mengerti pentingnya memberikan pelayanan terbaik untuk menjaga kepercayaan customer.
Kendala yang Dihadapi
-
Kadang sedikit gugup saat pertama kali melayani customer secara langsung.














.png)
izin bang
BalasHapus